Pages

Followers

Thursday, May 10, 2012

Aliran - aliran dalam Gereja Kristen di Seluruh Dunia

DEFINISI DENOMINASI dalam KRISTEN



Definisi Denominasi dapat kita lihat dalam dua pengertian yakni dalam pengertian Kristen secara umum sebagai suatu kelompok (gereja) dalam kekristenan yang diidentifikasikan di bawah satu nama, struktur dan ajaran atau doktrin. Sedang dalam pengertian secara khusus sebagai hasil dari kejatuhan iman, yang ditilik dari sudut pandang Alkitab sebagai suatu perpecahan.
Penyebab munculnya beraneka-ragam denominasi gereja yang ada dalam kekristenan antara lain mulai dari besarnya wilayah pelayanan kekristenan, adanya pengaruh dari berbagai jenis filsafat duniawi, kurang tegas dan ketatnya pengajaran tentang Kristen hingga berbagai jenis motifasi individu yang muncul dalam pelayanan penginjilan. Semua yang disebutkan itu membuat masing-masing hamba Tuhan atau para orang percaya (yang mengaku Kristen) yang secara manusiawi sangat tidak sempurna, menjadi berbeda pendapat, pemahaman atau cara pandang terhadap suatu doktrin dalam kekristenan. Hal-hal inilah yang menjadi pemicu munculnya rasa tidak suka dan tidak puas pada gereja sebelumnya dan berakibat pada keinginan untuk melepaskan diri dari gereja induk dan membentuk gereja ideal menurut pemahaman yang dianut. Adanya pemisahan-pemisahan denominasi mengakibatkan munculnya anggapan-anggapan sejumlah atau semua kelompok Kristen yang satu kepada yang lain dalam pandangan positif, sebagai versi-versi lain dari kekristenan (dikelompokkan) dengan label-label yang berbeda dengan mereka, dan dalam pandangan negatif sebagai kelompok murtad, bidat atau sesat: yang artinya, bukan versi yang sah dari agama Kristen.
Diantara para teolog dan ahli agama sekalipun, terdapat perbedaan pendapat tentang kelompok-kelompok mana yang sebenarnya dapat disebut Kristen dan mana yang tidak. Ketidak-sepakatan ini muncul terutama dari perbedaan-perbedaan doktriner di antara kelompok-kelompok denominasi tersebut. Menurut The World Christian Encyclopedia, karangan David B. Barret, denominasi gereja yang mengklaim diri mereka sebagai Kristen pada tahun 2001 berjumlah sekitar 33.000 denominasi dan sekte-sekte. Kemudian pada tahun 2007 jumlah ini menjadi sekitar 39.000. dan kemungkinan untuk bertambahnya demominasi atau sekte pun tidak dapat dipungkiri.

Dapat simpulkan bahwa denominasi-denominasi yang ada, tercipta atas dasar pemikiran manusia dan dengan memakai nama ciptaan manusia. Yesus Kristus tidak pernah merencanakan gerejaNya untuk terbagi menjadi denominasi. Para rasul sendiri tidak pernah menganjurkan adanya perpecahan dalam Kristen. Sebab Kristus itu adalah satu dan tidak pernah dibagi-bagi (1 Korintus 1:10). Dan tidak ada ayat dalam Perjanjian Baru yang menganjurkan bahwa denominasi itu adalah Alkitabiah.
Terlepas dari pandangan dan kesimpulan diatas, tujuan yang ingin kami capai dalam penulisan ini yakni ingin memetakan pertumbuhan kekristenan di dunia, secara obyektif (sudut pandang netral) tanpa maksud untuk membela satu denominasi dan menghakimi yang lainnya, sehingga para pembaca sendirilah yang dapat menilai manakah ajaran yang benar dan mana yang palsu (2 Petrus 2:1-22)


Pendekatan yang kami dipakai dalam pembagian denominasi gereja (dan sekte-sekte) yakni fenomeno-historis dan disusun secara alfabetis dengan menggunakan berbagai sumber dari berbagai buku dan situs referensi.( link yang merujuk keluar dari blog PG adalah referensi yang kami anggap dapat memberikan informasi yang layak tentang denominasi / sekte tersebut )

PEMBAGIAN DENOMINASI GEREJA

Pembagian denominasi gereja tersebut antara lain:

GEREJA MULA-MULA (30 -400)

Pada awalnya gereja Kristen adalah satu dan yang ada hanyalah wilayah-wilayah kekristenan yang mandiri dan otonom namun saling bekerja sama.

DENOMINASI MASA PERPECAHAN (400-1000)

Pada masa ini mulai timbul perbedaan cara pandang doktrin yang memaksa beberapa gereja untuk berpisah.

DENOMINASI MASA REFORMASI (1500-1700)

Pada masa ini ledakan ketidakpuasan pada supremasi gereja ritus latin yang mengekang,dan menghasilkan kebebasan mendirikan gereja yang otonom.

DENOMINASI MASA KEBANGUNAN BESAR (1700-1900)

Pada masa ini gereja mengalami perubahan pola pelayanan dengan bentuk-bentuk baru,
yang lebih mengandalkan semangat penginjilan dan karunia.

SEKTE RESTORASI (1800-1900)

Masih dalam masa kebangunan besar, ada beberapa kelompok gereja yang menginginkan untuk menerapkan kembali ke cara hidup kekristenan mula-mula serta didominasi dengan ajaran kedatangan Yesus kedua kali.

SEKTE / SEMI KRISTEN

Pada bagian ini adalah daftar kelompok-kelompok atau gerakan yang menggabungkan kekristenan dengan agama lain ataupun doktrin lain diluar Kristus, yang menurut mereka ideal.

3 comments:

  1. refrensi kutipannya blum lengkap, kalo bisa lengkap sama halamanya dan penerbitnya...
    Gbu

    ReplyDelete
  2. za tersalu dengan halaman ini namun satu hal boleh di perjelaskan.maka
    klo bisa sumber refrensinya dan halaman dan tahun penerbit boleh di cantumkan .makasih .

    ReplyDelete
  3. Makanya saya meninggalkan kristen

    ReplyDelete