Pages

Followers

Friday, March 23, 2012

Cara mengatasi masalah dan problema hidup . . .

Problema adalah hal yang tak lazim bahkan sudah menjadi keseharian seluruh manusia. Terkadang, kita lebih memilih menghilangkan semua itu dari pikiran kita dengan banyak hal negatif seperti; minum - minuman keras, merokok, putus asa, atau bahkan nyawa pun melayang.

Sadarkah anda bahwa semua itu hanya menyakiti jasmani kita dan cara - cara itu tak sedikitpun mengeluarkan kita dari masalah itu?

Lalu, pertanyaan besarnya ialah: Bagaimana caranya keluar dari masalah - masalah itu dengan benar???

Untuk menjawab itu, terlebih dahulu saya akan coba menjabarkan contoh - contoh masalah dan problema yang anda hadapi:


**Jika anda berumur 50 tahun ke atas:
    - Memikirkan dan mengharapkan kepedulian anak - anak anda meskipun terkadang anda berdalih
    - Memikirkan usaha dan cara anda mencari penghasilan untuk setidaknya makan sehari - hari

**Jika anda berumur 30 - 40 tahun ke atas:
    - Memikirkan kehidupan anda setelah berhenti bekerja
    - Memikirkan kehidupan dan pendidikan anak - anak anda setelah anda berhenti bekerja

**Jika anda berumur 25 - 30 tahun ke atas:
    - Memikirkan untuk mencari tempat tinggal dan penghidupan yang layak
    - Memikirkan untuk menikah dan memiliki anak
    - Memikirkan kehidupan dan pendidikan anak - anak anda

**Jika anda berumur 15 - 24 tahun ke atas:
    - Memikirkan kelanjutan sekolah anda
    - Memikirkan teman hidup yang sesuai untuk anda
    - Memikirkan pekerjaan dan penghidupan untuk anda


Masalah - masalah di atas adalah hal - hal yang sering saya temui dari orang - orang yang ada disekitar saya. Dan sebenarnya, ini baru segelintir dari banyak sekali masalah yang terjadi dalam kehidupan anda dan ini pun hanya berkaitan dengan masa depan saja karena masih banyak masalah lain yang anda alami misalnya masalah psikologis, masalah kesehatan/jasmani.

Namun saudaraku, segala masalah yang berbagai macam itu ada solusinya. Seperti ada ungkapan mengatakan; "Selalu ada jalan", maka aku menyimpulkan beberapa hal yang mungkin bisa menjadi inspirasi dan solusi anda mengatasi masalah anda;

1. Cara yang pertama dan paling utama adalah mencari Tuhan. Dengan mencari dan mendekatkan pada Tuhan yang anda yakini dan imani, niscaya hati anda akan tenang. Beberapa cara untuk mendekatkan diri pada Tuhan: Berdoa dan beribadah. Cobalah untuk menjadikan Tuhan "Sahabat" anda.

2. Biasakan berpikir positif. Dengan berpikir positif, niscaya anda akan merasa tenang. Misalnya, pikirkanlah bahwa masih banyak orang di luar sana yang mengalami masalah jauh lebih berat dari yang anda alami.

3. Gunakan beberapa alat/benda/aktivitas yang "BERSAHABAT" dengan anda. Misalnya; menulis diary, bernyanyi, bermain musik, memasak, berkendara, wisata ke tempat - tempat favorit anda.

4. Keluarga. Keluarga juga memegang peran yang sangat penting dalam penyelesaian masalah anda. Dekatkanlah diri anda pada keluarga anda. Misalnya; makan bersama keluarga, berkumpul untuk sejenak berbincang dan menonton Televisi bersama keluarga, dan berjalan - jalan ke tempat - tempat yang menjadi favorit keluarga anda.

5. Mencari teman curhat/orang kepercayaan. Carilah orang - orang yang menurut anda paling mengerti tentang anda. Misalnya; sahabat, pembina rohani, konselor, atau siapapun yang anda percaya. Kemudian terbukalah padanya dan jangan segan untuk mencurahkan dan mengekspresikan isi hati anda padanya dan tentu memperhatikan batasan normalnya.


So guy's, mungkin 5hal ini bisa menjadi panduan anda untuk menyelesaikan masalah anda. Intinya, jangan rusak hidup anda dengan hal- hal yang tak berguna dan ingatlah penyesalan hanya membuang waktu. Dan satu - satunya jalan hanyalah Tuhan. Selamat meencoba?:-)




No comments:

Post a Comment